CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 10 September 2012

              Sejarah Fakultas Ekonomi Unsri

Fakultas Ekonomi didirikan pada tanggal 31 Oktober 1953, pada awalnya bernaung di bawah Perguruan Tinggi Syakhyakirti, merupakan fakultas tertua di Universitas Sriwijaya. Sejak tanggal 17 September 1960 Fakultas Ekonomi secara resmi diserahkan oleh Yayasan Syakhyakirti ke Universitas Sriwijaya. Pada saat peresmian Universitas Sriwijaya, tanggal 3 November 1960 (PP No. 42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960), Fakultas ini hanya mempunyai satu jurusan, yakni Jurusan Ekonomi Perusahaan yang kemudian diubah menjadi Jurusan Manajemen.
Pada tahun ajaran 1962/1963 dibuka Jurusan Akuntansi dan Jurusan Umum yang kemudian diubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 212/Dikti/Kep/1996, sejak tahun 1996 Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan diubah namanya menjadi Jurusan Ekonomi Pembangunan. 
Pada awalnya perkuliahan diselenggarakan di kampus Bukit Besar, Palembang. Namun dengan dibangunnya kampus baru di Indralaya, sejak tahun 1993/1994 mahasiswa angkatan 1993/1994 mulai kuliah di Kampus Indralaya dan sejak tanggal 1 Februari 1995 kegiatan akademik seleuruhnya diselenggarakan di Kampus Indralaya.
Pada tanggal 14 Februari 1961 dibuka Fakultas Ekonomi Cabang Lampung, yang memisahkan diri pada tahun 1963. Kemudian berdasarkan SK Rektor Nomor 4263/A/I/1965 dibuka pula Fakultas Ekonomi Cabang Bangka, yang ditutup pada tanggal 22 November 1983. Pada tanggal 23 November 1965 Fakultas Ekonomi membuka Program Ektension dengan Jurusan Ekonomi Perusahaan (sekarang menjadi Jurusan Manajemen). Dalam kurun waktu 1983-1986 program ini tidak menerima mahasiswa baru. Pada tahun 1987 program ini kembali menerima mahasiswa baru. Kemudiaan pada tahun ajaran 1993/1994 berhubung banyaknya permintaan masyarakat maka dibukalah Jurusan Akuntansi.
Program Diploma Tiga (DIII) Fakultas Ekonomi merupakan hasil perubahan lembaga Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan pada tahun 1986. Adapun program pendidikan ahli ini merupakan passing out Akademi Administrasi Negara pada tahun 1976. Sampai saat ini Program Diploma Tiga (DIII) mempunyai dua program studi yaitu Program Studi Kesekretariatan dan Program Studi Akuntansi.

Visi dan Misi

Visi Fakultas Ekonomi Unsri adalah:
Menjadikan Fakultas Ekonomi Unsri sebagai fakultas yang terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan Sarjana Ekonomi yang berkualitas dan mampu bersaing.
Misi Fakultas Ekonomi Unsri sebagai berikut:
  1. Menyelenggarakan program studi-program studi di bidang ilmu ekonomi yang menunjang pembangunan nasional;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu ekonomi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional;
  3. Menciptakan iklim ilmiah yang kondusif di lingkungan kampus.
Tujuan dan Fungsi
Tujuan pendidikan sarjana bidang ekonomi adalah menghasilkan warga negara berkualitas sebagai berikut:
  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana ekonomi;
  2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya;
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimiliki sesuai bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat;
  4. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta teknologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian yang ada di dalam kawasan keahliannya;
  5. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan;
  6. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya;
  7. Membentuk manusia jujur, berdisiplin, dan menghargai pendapat orang lain.
Fakultas Ekonomi Unsri berfungsi:
  1. Menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan pendidikan tinggi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan penelitian di Fakultas Ekonomi dalam rangka menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan kepada masyarakat yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat.
Pimpinan
  • Dekan            : Dr.Syamsurijal, AK
  • Pb. Dekan I    : Prof.Dr.H.Taufik Marwa,SE,M.Si
  • Pb. Dekan II   : Abukosim SE,MM,Ak
  • Pb. Dekan III  : Drs.Dian Eka, M.M.

Program Pendidikan

  1. Jurusan Manajemen (S1)
  2. Jurusan Ekonomi Pembangunan (S1)
  3. Jurusan Akuntansi (S1)
  4. Kesekretariatan (D3)
  5. Akuntansi (D3)
Disamping mengelola program pendidikan reguler (kelas pagi), Fakultas Ekonomi juga mengelola program pendidikan ekstensi (kelas sore) untuk program studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar